Bangsa Minahasa

Setiap bangsa yang ingin mempertahankan jati dirinya, harus menghargai warisan suci tradisi dan budaya dari para leluhurnya; Kita (bangsa Minahasa) harus memelihara dan mempertahankan tradisi dan budaya bangsa Minahasa dengan segenap kemampuan dan semangat, karena semangat itu sendiri tidak lain mengandung tradisi dan budaya Minahasa. (Dr. Sam Ratulangi: Fikiran - 31 Mei 1930)

Saya tidak akan mempermasalahkan apakah keberadaan bangsa kami Minahasa disukai atau tidak, karena itu adalah permasalahan teoritis. Bagi saya dan bangsa saya Minahasa, sudah jelas, bahwa kami memiliki hak untuk eksis.
Jadi, tugas kami adalah bagaimana menjamin kelanjutan eksistensi bangsa Minahasa ini, dan sedapat mungkin memperkecil penetrasi asing. Kami berusaha untuk merumuskan suatu tujuan yang sesuai dengan kecenderungan-kecenderungan rakyat kami dalam menjalankan tugas tadi. Dan agar usaha-usaha kami itu dapat diterima dan dihargai, kita perlu mengenal hal-hal yang mendasarinya, yaitu: posisi Minahasa selama ini terhadap negara-negara sekitarnya.
("Het Minahassisch Ideaal" / Cita-cita Minahasa oleh DR. GSSJ Ratu Langie, ‘s-Gravenhage, Belanda - 28 Maart 1914)

Kamis, 27 Maret 2014

Galeri Foto: Workshop Film Dokumenter BPNB Manado di Hotel Aryaduta Manado, 17-20 Oktober 2013

Workshop Film Dokumenter Budaya Daerah yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Manado di Hotel Aryaduta Manado tanggal 17-20 Oktober 2013




tes kamera.

tes kamera.

saat shooting.

Kelompok praktek "Malesung".

Kelompok praktek "Malesung".

Bode dan para pemateri.



edit video di kamar.



Kepala BPNB Manado dan para pemateri.

Kelompok praktek "Malesung" usai shooting.

Kelompok praktek "Malesung" usai shooting.

Kelompok praktek "Malesung" usai shooting.

7 komentar:

  1. Klewang Opo Tololiu Dotulong jangan sampai hilang...tou oki

    BalasHapus
  2. Nice Blog, semoga di bulan maret yang penuh berkah ini blog anda semakin bermanfaat dan terus bisa membagika tulisan penuh karya bagi bangsa, thanks..

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak ya? sudah berbagi cerita & berita yang sangat menarik. akhir-akhir ini sudah jarang mendapati blog berisi artikel manfaat seperti ini, keren!!

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus
  5. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    BalasHapus
  6. Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

    BalasHapus
  7. sudah beberapa hari saya mencari berita seperti ini, dan akhirnya.. akhirnya ketemu!! terimakasih nih ya? postingannya sangat berharga bagi saya, thanks gan!

    BalasHapus