Bangsa Minahasa

Setiap bangsa yang ingin mempertahankan jati dirinya, harus menghargai warisan suci tradisi dan budaya dari para leluhurnya; Kita (bangsa Minahasa) harus memelihara dan mempertahankan tradisi dan budaya bangsa Minahasa dengan segenap kemampuan dan semangat, karena semangat itu sendiri tidak lain mengandung tradisi dan budaya Minahasa. (Dr. Sam Ratulangi: Fikiran - 31 Mei 1930)

Saya tidak akan mempermasalahkan apakah keberadaan bangsa kami Minahasa disukai atau tidak, karena itu adalah permasalahan teoritis. Bagi saya dan bangsa saya Minahasa, sudah jelas, bahwa kami memiliki hak untuk eksis.
Jadi, tugas kami adalah bagaimana menjamin kelanjutan eksistensi bangsa Minahasa ini, dan sedapat mungkin memperkecil penetrasi asing. Kami berusaha untuk merumuskan suatu tujuan yang sesuai dengan kecenderungan-kecenderungan rakyat kami dalam menjalankan tugas tadi. Dan agar usaha-usaha kami itu dapat diterima dan dihargai, kita perlu mengenal hal-hal yang mendasarinya, yaitu: posisi Minahasa selama ini terhadap negara-negara sekitarnya.
("Het Minahassisch Ideaal" / Cita-cita Minahasa oleh DR. GSSJ Ratu Langie, ‘s-Gravenhage, Belanda - 28 Maart 1914)

Kamis, 18 Desember 2008

Prabowo Ingin Putra Sulut Masuk Kabinet

Prabowo Ingin Putra Sulut Masuk Kabinet


Manado, KOMENTAR

Prabowo Subianto tidak ha-nya mengklaim sebagai putra Sulut. Namun mantan Pang-kostrad ini berjanji, akan meng-akomodir putra Sulut dalam kabinet menteri jika dirinya terpilih sebagai Presiden RI. Hal ini dilontarkannya di depan ratusan pedagang di Pasar Bersehati, Manado, Jumat (12/12) kemarin. "Mudah-mudahan ada warga Sulut yang menjadi menteri jika saya terpilih men-jadi presiden nanti. Insya Allah," ungkapnya.
Menariknya, Prabowo juga me-ngaku kalau kalah di pilpres mendatang, dirinya tidak perlu khawatir, sebab dia me-ngaku memiliki keahlian menjadi kusir bendi. "Kalau kalah di pilpres, saya bisa jadi kusir bendi. Saya tak perlu khawatir karena saya memili-ki keahlian menjadi kusir," tambah Prabowo.
Hal ini memang nampak saat bendi yang sudah disiapkan panitia di TKB, dipandu sendiri oleh Prabowo menuju Pasar Bersehati. Bahkan kusir yang sudah disiapkan hanya men-jadi tamu atau penumpang saja, sedangkan para penga-wal Prabowo ikut berlari di sekeliling bendi. Tak itu saja, ratusan warga di sekitar TKB-Pasar Bersehati mengaku ter-kagum-kagum dengan ke-trampilan pensiunan Letjen ini memandu kuda sendiri.
Sementara itu, ditanya soal peluang Partai Gerindra yang dirintisnya, Prabowo optimis akan meraih suara signifikan meski masih enggan berbicara tentang calon wakilnya nanti. "Saya optimis Partai Gerindra meraih suara signifikan. Un-tuk cawapres, masih jauh untuk dibicarakan, " ujarnya. Dalam dialog dengan para pe-dagang kemarin, Prabowo juga mengaku prihatin dengan ma-salah dan kondisi di pasar-pasar tradisional. Menurutnya ini menjadi tanggung jawab dari penguasa atau peme-rintah.
Bahkan tak segan-segan Prabowo mengatakan bahwa yang ingin menggusur peda-gang-pedagang pasar, berarti tidak memiliki hati dan otak. "Masalah-masalah pasar ke-banyakan adalah soal kebe-sihan dan penguasa atau pe-merintahlah yang harus ber-tanggung jawab. Kalau ada yang menggusur pedagang-pedagang pasar, berarti tidak punya hati dan tidak punya otak. Kalau perlu dilawan. Apakah itu walikota ataupun gubernur, mari kita bersatu untuk melawan jika perlu di-turunkan, " ujar Prabowo ber-api-api. (mon)

2 komentar:

  1. Sebagai orang Sulut tentu kita warga Sulut sangat mendukung Prabowo Jadi Presiden. Kita doakan beliau agar berhasil menembus keangkuhan yang mengclaim Presiden harus dari daerah tertentu.

    BalasHapus
  2. kabarnya thn 90an mr prabowo adalah pemimpin TNI hijau, yg menyebabkan letjen johny lumintang menjabat pangkostrad hanya dalam waktu 17 jam. kalau ini benar jelas sangat di ragukan komitmen beliau sebagai orang sulut

    BalasHapus